Mengajarkan Perkalian Untuk Anak SD (Pemula)

     
Masih ingat bagaimana dulu kita diperkenalkan dengan perkalian? Yang terbayang dalam benak kita tentang perkalian mungkin sama dengan yang saya alami dulu. 
Ketika dulu saya diperkenalkan dengan perkalian, kebetulan yang mengajar saya waktu itu ibu saya sendiri, saya diperkenalkan dengan perkalian seperti 1 x 1 = 1, 2 x 1 = 2, 3 x 1 = 3 dan seterusnya. Kemudian berlanjut ke perkalian 2 seperti 1 x 2 = 2, 2 x 2 = 4, 3 x 2 = 6 dan seterusnya. Kalau sudah hapal perkalian 2, pasti dilanjutkan dengan perkalian 3, kemudian perkalian 4 dan seterusnya sampai pada perkalian 10.

Terbayang betapa sulitnya menghapalkan perkalian tersebut? Ternyata menghapalkan perkalian dengan model tersebut memang tidak efektif. Ada alternatif lain yang lebih mudah kita terapkan untuk mengenalkan perkalian pada anak-anak. Berikut adalah solusinya :
  1. Langkah pertama, mulailah dengan memperkenalkan perkalian 1 yaitu 1 x 1 = 1, 1 x 2 = 2 dan seterusnya. Di sini biasanya kita tidak usah menuliskan perkalian sampai tuntas 1 x 10, biarkan anak-anak meneruskan pola tersebut secara mandiri.
  2. Langkah kedua, kenalkan anak kita dengan perkalian 10 yaitu 10 x 1 = 10, 10 x 2 = 20 dan seterusnya. Sekali lagi, biarkan anak menyelesaikan pola tersebut.
  3. Langkah ketiga, perkenalkan anak kita dengan perkalian 9 yaitu 9 x 1 = 9, 9 x 2 = 18 dan seterusnya. Kenapa perkalian 9 lebih dulu? Kita tahu bahwa perkalian 9 menghasilkan bilangan yang jika angkanya dijumlahkan juga 9. Sebagai contoh 9 x 3 = 27, 2 + 7 = 9. Di samping itu kita bisa menggunakan kesepuluh jari kita untuk mengajarkan perkalian 9 dengan sangat mudah.
  4. Langkah keempat, perkenalkan dengan perkalian 2, yaitu 2 x 2 = 4, 2 x 3 = 6, 2 x 4 = 8 dan seterusnya sampai 2 x 9 = 18. Pada perkalian 2 kita tidak perlu memberikan 2 x 1 dan 2 x 10 karena sudah ada pada perkalian sebelumnya. Pada perkalian 2 yang perlu ditekankan kepada anak yaitu konsep dengan penjumlahan, sebagai contoh 2 x 4 = 4 + 4, 2 x 7 = 7 + 7. Hal ini memudahkan anak karena anak sudah lebih dahulu memahami penjumlahan.
  5. Langkah kelima, perkenalkan perkalian 5, yaitu 5 x 3 = 15, 5 x 4 = 20, dan seterusnya sampai pada 5 x 8 = 40. Sekali lagi, perkalian yang sudah ada pada langkah sebelumnya tidak perlu diberikan lagi.
  6. Lanjutkan perkalian yang berikutnya dengan perkalian kembar, perkalian 3, perkalian 4, perkalian 6 dan yang terakhir perkalian 8. 
Berikut daftar perkalian dengan model baru tersebut :


Semoga bermanfaat

Post a Comment

1 Comments